Perbamida Jateng Selenggarakan Sosialisasi FCP

Perbamida Jateng selenggarakan Sosialisasi Fraud Control Plan

{"autoplay":"true","autoplay_speed":3000,"speed":300,"arrows":"true","dots":"true"}

Sosialisasi FCP diselenggarakan oleh Perbamida Jateng di Hotel Patra Jasa Semarang, 4 Oktober 2018.  Materi Sosialisasi disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah,  Samono, Ak, CA, CFrA, QIA dan Panut, Ak, MSi, CFrA, CA.

Peserta sosialisasi adalah Direksi dan Pejabat Eksekutif yang membidangi Internal Control Bank Milik Pemda di wilayah Jawa Tengah.

Disampaikan oleh Ketua Perbamida Jateng Drs Jhendik Handoko, M.Si yang juga Direktur Utama Bank Jepara bahwa Sosialisasi FCP menjadi penting dilaksanakan dikarenakan prilaku koruptif dan Froud di Indonesia bukannya makin turun namun makin meningkat dari tahun ke tahun.  Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah OTT dan Tersangka KPK sejak tahun 2005 hingga 2017.  Berdasarkan data yang bersumber dari KPK tahun 2017 puncak tertinggi yaitu dengan 19 OTT dan 72 Tersangka.  Diperkuat lagi dari berbagai macam data hasil penelitian dari berbagai pihak, salah satunya data yang bersumber dari International Conference on Southeast Asia Studies bahwa kerugian negara akibat korupsi di Indonesia dari tahun 2001 – 2015 mencapai 205 Trilyun.

Sosialisasi ini dimaksudkan agar BPR Bank Milik Pemkab dapat menyusun dan mengimplementasikan Stategi Pengendalian Fraud atau Fraud Control Plan (FCP). FCP dipahami sebagai sebuah program yang dirancang untuk MENCEGAH, MENDETEKSI dan MERESPON kejadian berindikasi Fraud.

Disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jateng, Samono, Ak, CA, CFrA, QIA bahwa lembaganya siap untuk bermitra dan mendampingi BPR Bank Milik Pemkab dalam proses persiapan, penyusunan dan implementasi FCP di Bank masing-masing.  Disampaikan pula, untuk saat ini baru Bank Boyolali yang sudah bekerja sama dengan BPKP Jawa Tengah dalam implementasi FCP di Bank Boyolali.

Ahmad Efendi ZN, SE, MSi Direktur Utama PD BPR Bank Tegal Gotong Royong yang juga hadir dalam acara Sosialisasi FCP ini menyatakan siap utk mengimplementasikan FCP di lembaganya.