Pesta Patok Peternakan

{"autoplay":"true","autoplay_speed":3000,"speed":300,"arrows":"true","dots":"true"}

Pesta Patok Peternakan

Margasari, Ratusan ternak sapi milik peternak di Desa Dukuh tengah dan sejumlah desa lain di Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal dikumpulkan dalam kegiatan Pesta Patok Peternakan di areal kandang sapi komunal Kelompok Tani Ternak (KTT) Krajan dan Kebantingan di Desa Dukuhtengah, Kamis (1/11/2018).

Kepala DKPP, Toto Subandriyo, mengemukakan,  Pesta Patok Peternakan untuk mempertemukan seluruh pemangku kepentingan di bidang pembangunan peternakan yaitu peternak, pengusaha, petugas teknis bidang peternakan, perbankan, akademisi, perusahaan obat hewan, perusahaan asuransi, tokoh masyarakat, serta pejabat pemerintahan.

Pesta Patok Ternak sengaja digelar di areal kandang komunal KTT Krajan dan Kebantingan.  Hal ini disebabkan karena pada 2016 areal tersebut menjadi juara kedua desa ternak sehat tingkat Jawa Tengah.

Bupati Tegal, Umi Azizah mengapresiasi program untuk pengembangan peternakan sapi tersebut. Dia berharap, kegiatan tersebut betul-betul dijadikan sebagai ajang interaksi dan kolaborasi bagi semua pemangku kepentingan di bidang peternakan.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan kredit usaha untuk peternak, klaim asuransi bagi peternak yang sapinya mati karena melahirkan, sakit, atau kecelakaan. Kegiatan tersebut dihadiri pejabat muspika setempat, dan ratusan warga. Selain itu, sebanyak 500 warga yang hadir mendapatkan telur rebus gratis sebagai bagian dari kampanye gemar makan telur.

Direktur Utama Bank TGR, Ahmad Efendi,  menyatakan ikut bangga atas perkembangan peternakan di kecamatan Margasari.  Bank TGR hingga saat ini telah 3 (tiga) tahun ikut mendampingi, melayani dan menyalurkan kredit untuk Koperasi Sapi Margasari dan Peternak Sapi ini.   Kredit yang disalurkan hingga akhir Oktober 2018 telah mencapai 5 (lima) Milyar Rupiah lebih.